PANDUAN PRAKTIS PENILAIAN KURIKULUM 2013 GURU MATA PELAJARAN

Diposting pada

PANDUAN PRAKTIS PENILAIAN KURIKULUM 2013 GURU MATA PELAJARAN

PANDUAN PRAKTIS PENILAIAN KURIKULUM 2013 GURU MATA PELAJARAN
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pembelajaran berbasis aktivitas. Hal ini berimplikasi bahwa penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan pada proses pembelajaran. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk memperoleh data dan informasi tentang kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dan perbaikan proses pembelajaran.

Karakteristik dalam penilaian Kurikulum 2013, yaitu (1) belajar tuntas, (2) otentik, (3) berkesinambungan, (4) menggunakan bentuk dan teknik yang bervariasi, (5) berdasarkan acuan kriteria.

Dengan terususunnya perangkat ini merupakan salah satu solusi dan keluhan teman sejawat tentang kesulitan dalam mengolah dan mengimplementasikan penilaian tersebut. Atas berbagai masukan/saran-saran, maka penulis memberanikan diri untuk memodifikasi/merekayasa berbagai format untuk memudahkan pelaksanaan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Perangkat penilaian ini tentunya masih banyak kekurangan, para pendidik dapat mengubah/menambah sesuai dengan keperluan penilaian dan bukan format yang baku, akan tetapi dinamis. Oleh sebab itu, penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan saran/masukan, sehingga menjadi sebuah karya yang bermanfaat bagi semua pihak.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda bisa mengunduhnya dibawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *