Contoh RPP KTSP SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Lengkap Dengan Penyusunannya

Diposting pada

Contoh RPP KTSP SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Lengkap Dengan Penyusunannya

RPP KTSP SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Lengkap Dengan Contoh Penyusunannya – Adalah suatu kewajiban jika seorang guru melakukan penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sebelum melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Bagaimana tidak, RPP merupakan kerangka utama dalam proses pembelajaran. Dalam postingan ini, admin akan share contoh RPP Kurikulum KTSP SD yang ditujukan bagi Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Jika dilihat secara administratif penyusunan RPP dapat meningkatan kinerja guru, dengan kata lain semua program guru selama satu semester atau bahkan selama 1 tahun pelajaran lebih terkoordinir. Efek positifnya diharapkan setiap guru memiliki tanggung jawab serta peranan penting dalam proses pembelajaran.
Dengan digunakannya KTSP ini tugas guru adalah menjabarkan, menganalisa, mengembangkan indikator serta menyesuaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan karakteristik dan perkembangan peserta didik, situasi dan kondisi sekolah, serta kondisi dan kebutuhan pada suatu daerah. Kemudian hasil analisis terhadap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tersebut dikemas ke dalam KTSP yang di dalamnya mencakup silabus dan RPP.

RPP KTSP SD

Sebelumnya mari kita ulas terlebih dahulu apa itu RPP?

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan pegangan wajib seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Apa manfaatnya? Sudah pasti manfaatnya adalah untuk membantu guru dalam melaksanakan KBM agar sesuai dengan standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Dari sini tentunya sudah paham bukan?
Agar lebih yakin dengan definisi di atas, saya mengutip definisi RPP menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ). Dalam Permendikbud tersebut dijelaskan bahwa  RPP merupakan sebuah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilakukan untuk satu pertemuan atau bahkan lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini dikembangkan dari silabus yang kemudian diarahkan pada kegiatan pembelajaran siswa sebagai upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Hal ini juga diperkuat dengan adanya Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV yang berisi mengenai Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran serta tahapan pertama dalam pembelajaran. Dalam permendikbud ini RPPdidefinisikan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.
Selain itu dalam Juknis Penyusunan RPP di tingkat Sekolah Dasar juga dijelaskan apa itu RPP. Dalam juknis ini didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilakukan untuk satu pertemua atau lebih. RPP diharapkan dikembangkan serinci dan sedetail mungkin dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk kemuduain diarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai suatu Kompetensi Dasar.
Dalam praktiknya seorang guru wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara menyenangkan, menantang, interaktif, inspiratif, efisien, sehingga memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
Lantas kapan RPP ini disusun? Seyogyanya RPP disusun setiap awal semester atau awal tahun pelajaran yang dimaksudkan agar sebelum pembelajaran dimulai materi/program pembelajaransudah siap, sehingga pencapaian standar kompetensi dapat tercapai.
Pengembangan RPP ini biasanya dilakukan oleh kelompok ddalam KKG (Kelompok Kerja Guru) di gugus sekolah yang berada di bawah pengawasan Pengawas Sekolah meupun secara individu.

Seperti Apa Contoh RPP Kurikulum KTSP Untuk SD yang Benar?

Dalam artikel ini akan admin bagikan link download RPP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dengan selengkap-lengkapnya.  Sekedar mengingatkan saja bahwa sebelum menyusun RPP, guru haruslah menyusun silabus terlebih dahulu sebagai program pembelajaran. Kenapa? Karena Silabus ini berguna untuk menjembatani pembuatan kerangka RPP.

Pembagian/Langkah pembelajaran Kurikulum KTSP di SD dibagi menjadi 2, yaitu Kelas rendah (Kelas 1, 2 dan 3) dan Kelas tinggi (kelas 4,5, dan 6). Pada kelas rendah ini RPP yang digunakan adalah RPP Tematik.

Tahapannnya melingkupi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

RPP ini harus memuat apa saja?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP, yaiu :

  1. Harus memuat Identitas RPP
  2. Adanya Tujuan Pembelajaran
  3. Materi Pembelajaran
  4. Metode Pembelajaran
  5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
  6. Sumber belajar dari mana
  7. Penilaian

Download RPP KTSP Untuk SD Kelas 1, 2, 3 , 4, 5 & 6

Dalam RPP ini terdapat semua mata pelajaran umum dalam jenjang Sekolah Dasar, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) serta beberapa Mapel daerah.
Untuk kelas rendah seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pembelajaran masih menggunakan pendekatan tematik, sehingga RPP dibahas per tema.
Contoh RPP KTSP SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Lengkap Dengan Penyusunannya

RPP KTSP SD Kelas 1
Unduh RPP Kurikulum KTSP SD Kelas 1

RPP KTSP SD Kelas 2
Unduh RPP Kurikulum KTSP SD Kelas 2
RPP KTSP SD Kelas 3
Unduh RPP Kurikulum KTSP SD Kelas 3
RPP KTSP SD Kelas 4
Unduh RPP Kurikulum KTSP SD Kelas 4
RPP KTSP Untuk SD Kelas 5
Unduh RPP Kurikulum KTSP SD Kelas 5
RPP KTSP Untuk SD Kelas 6
Unduh RPP Kurikulum KTSP SD Kelas 6

Bapak/Ibu dapat mengedit Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini sesuai keinginan. Sebagian RPP ini sudah 1 paket dengan silabus. Nah, untuk promes dan prota akan admin share di lain waktu.
Demikianlah share RPP KTSP SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Lengkap Dengan Contoh Penyusunannya, silahkan share artikel ini jika bermanfaaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *