Cara Membuat Grafik Nilai di Microsoft Office Excel

Diposting pada

Cara Membuat Grafik Nilai di Microsoft Office Excel

Tulisan kali ini merupakan bagian dari aplikasi daftar nilai yang sebelumnya dibuat. Tetapi sepertinya fungsinya kurang begitu penting ya? hehe.. . Terlepas dari penting tidaknya grafik nilai yang saya tambahkan di aplikasi daftar nilai tersebut, saya akan mencoba sharing bagaimana membuat grafik nilai pada excel. Grafik yang akan saya buat adalah Grafik nilai mapel yang diperoleh seorang siswa.

Langsung saja sebagai berikut caranya:
1. Persiapkan Tabel Nilainya, yang terdiri dari Kolom Mapel, Nilai, dan KKM. Untuk siswa kita tidak membuatnya, karena kita hanya akan membuat grafik nilai seorang siswa.

Cara Membuat Grafik Nilai di Microsoft Office Excel

2. Blok Tabel tersebut, kemudian pilih insert, lalu klik ColoumPilih 2-D ColuumClustered Coloum. Sebagai contoh kita pilih yang simple dulu.

Grafik Clustered Coloum Excel

3. Grafik nilai sudah terlihat, jika ingin mengubah gayanya, silahkan pilih saja di menu chart styles.

grafik menu chart styles

4. Untuk mengubah warna tiap mapel, kita bisa klik, kemudian klik kanan, lalu pilih format data pointfill — pilih warna lalu close.

  seting format data point

5. Karena nilai yang tampil disini otomatis, dimana nilai maksimalnya 90, dan yang seharusnya 100. Maka Kita perlun menyeting Axisnya, caranya klik kanan pada angka tesebut, kemudian plilih Format Axis

Seting Grafik Excel Format Axis

 6. Selanjutnya pada Axis Options — Maximumnya digani 100,00 kemudian close.

Seting Grafik Axis Options

7. Grafik tesebut diatas belum memiliki judul jika ingin menambahkan judul caranya, klik grafik — kemudian layoutchart title — pilih stylenya — kemudian tulis judulnya.

grafik chart title

Lihat juga : MEMBUAT APLIKASI KARTU PESERTA UJIAN, TES, ATAU ULANGAN

Begitulah cara singkat untuk membuat grafik pada microsoft excel, khususnya excel 2007. Untuk lebih detail tentang grafik yang dibuat, silahkan pilih menu-menu yang tersedia. Karena dengan sendirinya apabila kita sudah sering otak-atik makan akan lebih paham. Dengan penyampaian data atau penyajian data berbentuk grafik dengan tampilan bagus akan mempermudah kita memahami informasi yang disampaikan. Sekian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *